7 cara menjemput pertolongan Allah

05 January 2012

7  cara menjemput pertolongan Allah

Permasalahan dalam hidup ini akan cepat teratasi bila kita mau dan berusaha untuk menghadapinya. sebaliknya , bila kita hanya berdiam diri saat permasalahan datang, tentu hal ini bukan penyelesaian yang baik.

Beruntung sekali orang-orang yang mau berusaha mencari solusi dari permasalahannya. Berikut kami sampaikan tips- tips untuk menjemput pertolongan Allah. Karena kita hanya  berusaha sedang Allah yang menentukan.

Pertama,
Dalam, surah Muhammad ayat 7 disebutkan bahwa
“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
Dimana kamu menempatkan Allah dalam hatimu?
Apabila kamu menempatkan Allah di nomer sekian, maka Allah pun akan melakukan hal yang sama kepada kita. Jika shalat, bersedekah, dan amal- amal yang lain bukan merupakan prioritas maka Allah pun akan menganggap kita bukan prioritasnya.

Kedua,
QS. Al- Ankabut
Jihad adalah jalan menegakkan agama, bohong bila ingin menegakkan agama tanpa mau untuk berjihad. Namun konteks jihad saat ini adalah dalam artian mengendalikan hawa nafsu dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Contoh, Yang paling sering dilalaikan adalah saat kita makan, Rasulullah telah memberi kita tauladan dengan seikit makan, dan makan apabila lapar saja namun terkadang kita terbalik yaitu sedikit- sedikit makan.
Ketika kita meniatkan diri dan bersungguh- sungguh pasti Allah akan menolong kita.

Ketiga,
QS. Al- Baqarah :163
Sabar adalah kunci dalam ketenangan diri. Mungkin sudah puluhan kali kita berdo’a tapi ternyata belum dikabulkan juga, menghadapi situasi ini juga memerlukan kesabaran karena bisa jadi Allah sedang menguji kesungguhan kita. Sabar juga tidak hanya berdiam diri menunggu takdir, namun juga harus dibarengi dengan evaluasi diri, seperti mevaluasi kekurangan kita dalam berikhtiar, evaluasi perilaku kita sehari- hari dll. Insya Allah bila kita sudah mengoptimalkan amalan sehari-hari, Allah akan mengabulkan permohonan kita.

Ke empat
QS. Al- ahqaf : 13
Istiqomah atau konsisten dalam berusaha . tidak mudah putus asa ketika menghadapi cobaan dalam kehidupan membuat kita lebih kuat. Allah pun pasti akan kita sebagai orang yang bersungguh- sungguh.
Kelima, berdo’a
Berdo’a lah engkau diwaktu pagi dan malam. Sering- seringlah berdo’a karena kita tidak akan pernah tahu kapan do’a kita dikabulkan. Ketika menghadapi situasi apapun jangan pernah lupa untuk berdo’a baik saat kita sedang senang, bersedih, sedang terharu dan sebagainya.

Keenam adalah ikhlas
Ada yang bilang kalau ikhlas itu seperti setelah buang hajat. Keluar kamar mandi dengan rasa lega tanpa merasa kehilangan sesuatu. Hal ini wajib kita terapkan dalam setiap aktivitas, saat kita membantu teman, saat kita belajar, saat kita berangkat kuliah adalah dilandasi niat ikhlas karena Allah dan sebagai ibadah kepadaNya.

Ketujuh,
Dalam Surah Ar- rum :47 disebutkan bahwa Allah akan menolong orang- orang beriman. Apabila kita beriman kepada Allah, maka Allah pun pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita.
Yang terakhir ini merupakan kesimpulan dari beberapa cara diatas karena pada dasarnya  ke enam cara sebelumnya  sudah dimiliki oleh orang- orang yang beriman.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls